Kamis, 24 Januari 2013

Sony Xperia Tipo ST21i, Andalkan Gratis Ribuan Konten Musik


Sony Mobile Communications pada tanggal 30 Juli lalu telah secara resmi meluncurkan Xperia Tipo yang merupakan smartphone Android Sony pertama yang menyasar pengguna entry level . Melalui kerjasama dengan situs download musik Melon,setiap pengguna Xperia Tipo mendapatkan voucher gratis download ribuan judul lagu sepuasnya selama sebulan penuh. Lantas seperti apakah performa  smartphone  yang menggunakan prosesor single core berkecepatan 800MHz ini? Silakan simak ulasan berikut:


GENERAL
Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 HSDPA 900 / 1900 / 2100
LAYAR
Tipe TFT capacitive touchscreen, 256K colors
Ukuran 320 x 480 pixels, 3.2 inches (~180 ppi pixel density) Multitouch, Protection Scratch-resistant glass
DIMENSI
Tipe 103 x 57 x 13 mm / 99.4 g
AUDIO
Fitur Vibration; MP3 ringtones
Jack 3.5mm jack audio
Speakerphone Ya
MEMORY
Internal 2.9 GB storage (2.5 GB user available), 512 MB RAM
Eksternal Slot Micro SD card up to 32GB
DATA
3G HSDPA, 7.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
EDGE Up to 237 kbps
GPRS Up to 86 kbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetooth v2.1 with A2DP
Infrared Tidak
USB/Port v2.0 microUSB
KAMERA
Primer 3.15 MP, 2048x1536 pixels Geo-tagging
Sekunder Tidak
Video Record VGA
BATERAI
Tipe Standard battery, Li-Ion 1500 mAh
Stanby Up to 470 h (2G) / Up to 545 h (3G)
Talk Time Up to 5 h (2G) / Up to 4 h 30 min (3G)
FITUR
OS Android OS, v4.0.3 (Ice Cream Sandwich)
CPU Qualcomm MSM7225AA, 800 MHz GPU Adreno 200
Browser HTML, Adobe Flash
GPS Ya, A-GPS
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Java via Java MIDP emulator, Fitur tambahan: Stereo FM radio with RDS, SNS integration, Organizer, Document viewer, Voice memo/dial, Predictive text input
FITUR LAIN
Multiple SIM Tidak
Video Player MP4/H.264/WMV player
MP3 Player MP3/WAV/WMA/eAAC+ player
Audio Record Ya
TV Tidak



Desain

Dimensi: (WxDxH) :103 x 57 x 13 mm; Bobot: 99,4 g
Datang dengan bodi yang mungil, Tipo yang terbuat dari material plastik mempunyai bodi yang relatif tebal.Bagian belakang yang didominasi plastik berlapis doff membuat Tipo terasa sangat pas serta tidak licin dalam genggaman.

Di atas layar Tipo logo Sony tampak jelas tercetak, demikian pula dengan logo Xperia yang terletak di bawah layar. Untuk menyalakan Tipo, Anda dapat menekan tombol power yang bertengger dibagian atas ponsel. Di bagian yang sama, terdapat pula port jack audio 3,5mm. Beralih ke sisi kanan, Anda akan menemukan tombol pengatur volume. Untuk mengisi daya ponsel, port micro USB tersemat manis di sebelah kanan bodi.

Sementara tampilan depan Tipo tak jauh berbeda dengan ponsel Sony laiinya yang terdiri dari tiga tombol sensitif sentuh yang terdiri dari tombol back, home serta menu.Sayang sekali untuk menyisipkan kartu SIM dan Memori, Anda harus melepas dulu baterai Tipo


Hardware

Qualcomm MSM7225AA 800NHz;GPU:Adreno 200; RAM 512MB, 2,9GB Storage (2,15GB uSer Available), Up to 32 GB MicroSD Card
Menyasar pengguna low-end, Xperia Tipo hadir dengan prosesor single core dengan kecepatan menengah di kisaran 800MHz.Agar dapat berjalan lancar, Sony menyematkan RAM sebesar 1GB yang didukung pula dengan GPU Adreno 200 untuk menunjang kemampuan grafisnya.

Sementara untuk ruang penyimpanan, Sony menyediakan ruang penyimpanan yang lumayan yakni sebesar sekitar 3GB  yang dapat dipakai oleh pengguna hingga kisaran 2GB. Tentu saja jika Anda ingin menambahkannya pengguna dapat menyisipkan kartu micro SD card ke slot yang terletak dibawah baterai.


Interface dan OS

Android 4.0.4, 3,2" 320 x 480 piksel, TFT capacitive touchscreen, 256 Ribu Warna; Scratch Resistant Mineral Glass.
Mengusung layar mungil berdiagonal 3,2 inci, Tipo dilengkapi dengan lapisan mineral antigores. Meski tidak sekuat Gorilla Glass, lapisannya cukup dapat diandalkan untuk melindungi layar Tipo dari goresan ringan.


Dengan OS Ice Cream Sandwich, antarmuka Timescape yang diadopsi oleh Tipo sekilas mempunyai kemiripan dengan tampilan ponsel Sony ber-OS Gingerbread. Layar depannya terdiri dari 5 sheet yang masing-masing diisi oleh ragam widget diantaranya cuaca, friend stream, toggle setting dan hiburan.

Masuk ke menu, Anda akan disuguhi dengan beragam ikon berformat  grid horisontal yang secara default terdiri dari 3 halaman. Anda dapat mengatur urutan ikon berdasarkan alfabet, recently installed, most used atau own order.


Kamera dan Video

Kamera: 3.15 MP, 2048x1536 piksel, Geo-tagging; video:VGA
Tipo mengusung kamera berkekuatan 3 megapiksel tanpa flashlight. Untuk fitur pendukung terdapat white balance, scene, resolution, Self-Timer, Exposure White, Metering hingga geotagging.


Multimedia

Audioplayer : AAC, FLAC, M4A, MP3, OGG, WAV WMA;  video player : 3GPP, M4V, MP4; Radio FM; AudioRecorder, Radio FM.
Di sektor hiburan, Anda dapat mendengarkan lagu menggunakan pemutar musik yang mengelompokkan lagu berdasarkan , artist, album, tracks dan playlist. Suara yang dihasilkan oleh Tipo nyaring berkat pembekalan xLoud Engine. Untuk mendapatkan nada yang pas, Anda dapat menggunakan setting equalizer yang ada.Dalam paket penjualan, Sony juga menyediakan voucher download lagu gratis sepuasnya dari situs Melon selama sebulan penuh.

Sementara untuk pemutar videonya, Xperia Tipo hanya mampu memutar video sekelas VGA dalam format MP4 dan 3GPP. Sayang sekali tidak terdapat pengaturan untuk melihat subtitle sehingga Anda harus menginstal aplikasi pemutar video MX Player jika ingin menonton video dengan subtitle.


Internet dan Konektivitas

GSM 850 / 900 / 1800 / 1900HSDPA 900 / 2100;Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot, Bluetooth v2.1 A2DP dan MicroUSB
Dengan menggunakan browser ICS yang dimilikinya, Anda dapat membuka 16 halaman sekaligus. Browsernya juga telah mendukung konten flash. Untuk mengakses data, selain melalui Wi-Fi Anda dapat menggunakan data operator dengan kecepatan download serta upload maksimal masing-masing 7,2Mbps dan 5,76Mbps.

Agar pemakaian data Anda terkontrol, Anda dapat membatasi volume penggunaan data yang terdapat dalam setting. Sedangkan untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth dan kabel data yang disertakan.


Fitur Unggulan

Google Play, PlayNow, Google Search, Youtube, Gmail, Timescape, AppXtra, PowerSaver, Music & Video, TrackID dan Office Suite.
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android seperti Play Store, Google search, youtube, Google maps dan Gmail, Xperia Tipo juga telah dibekali dengan Timescape yang menampilkan newsfeed Facebook dan Timeline Twitter secara realtime dalam sebuah widget yang terdapat di layar depan.


Sayang sekali untuk mengelola dokumen, Office Suite yang disertakan belum dapat digunakan untuk mengedit serta membuat file baru dalam format doc, excel dan powerpoint.

Untuk mendownload alikasi dan games, Anda dapat memanfaatkan Google Play, PlayNow dan AppXtra. Sementara itu, agar ponsel yang Anda gunakan lebih hemat daya, Anda dapat menggunakan Power Saver.


Benchmark

Antutu Benchmark: 2704 Quadrant Standard Edition: 1742 Nenamark 1: 50,6 fps Nenamark 2: 15,7 fps.
Hasil pengukuran kinerja dengan menggunakan Antutu Benchmark memperoleh poin 2704. Dari grafik dapat disimpulkan bahwa performa Tipo berada diatas Sony Ericsson X10i.Sementara hasil uji dengan Quadrant Standard berhasil memperoleh skor 1742 yang membuatnya lebih unggul dari Samsung Nexus S. Pengukuran kinerja GPU dengan Nenamark2 menunjukkan performa GPU Tipo lebih baik dibanding Xperia Play.


Kelebihan
• Harga Murah
• OS Android Ice Cream Sandwich
• Sudah 3G
• Gratis Dowload Lagu Sepuasnya

Kekurangan
• Layar Kurang Lebar
• Video Belum HD
• Kamera Minus Flashlight

Kesimpulan

Menyasar kawula muda, Sony mengemas apik Tipo dengan menyertakan voucher download lagu sepuasnya sebagai nilai jual utama. Meski dibanderol dengan harga ringan, Xperia Tipo sudah dibekali dengan OS Android Ice Cream Sandwich. Menilik banderol harga yang dimiliki, Xperia Tipo tampaknya akan berhadapan secara langsung dengan seri Samsung Galaxy Mini 2 dan Galaxy Pocket.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Arsip Blog